Categories
Pendidikan

Cagar Budaya

Cagar Budaya

Cagar Budaya

Definisi Cagar Budaya

Berdasarkan UU No. 11 Tahun 2010 tentang Warisan Budaya;

  • Warisan budaya adalah warisan budaya material dalam bentuk benda warisan budaya, bangunan warisan budaya, struktur warisan budaya, situs warisan budaya dan situs warisan budaya yang perlu dilindungi karena nilai-nilai penting mereka di tanah dan / atau air. sejarah, sains dan pendidikan. sepanjang proses penentuan agama dan / atau budaya.
  • Bangunan cagar budaya adalah struktur yang terbuat dari benda-benda alami atau buatan manusia untuk memenuhi kebutuhan daerah dengan dan tanpa dinding dan atap.

 

Definisi Warisan Budaya

Menurut Young, yang dikutip oleh Ni Made Mitha Mahastuti (2004) dalam Waradi, warisan budaya adalah konsekuensi budaya umum dari pembelajaran atau perilaku model kelompok-kelompok orang tertentu yang diwarisi dari generasi sebelumnya dan kemudian dilanjutkan dan berlanjut hingga generasi berikutnya.

Warisan budaya dapat menjadi budaya konkret warisan budaya fisik, seperti bangunan, monumen, buku, patung, artefak, budaya tak berwujud atau bentuk warisan budaya non-fisik seperti budaya, cerita rakyat, tradisi, tradisi, tradisi, bahasa, pengetahuan. Warisan Alam. atau warisan budaya alami, seperti lingkungan alam, keanekaragaman hayati, mineralogi, geomorfologi, paleontologi, termasuk flora dan fauna langka.

Dalam hal ini, gedung Ex Chartered Bank termasuk dalam kategori budaya beton dari budaya material, karena bentuknya seperti struktur material.

2. Upaya untuk mempertahankan bangunan peninggalan bersejarah
Berdasarkan UU No. 11 Tahun 2010 tentang Warisan Budaya,

 

Upaya Untuk Melindungi Bangunan Bersejarah

  • Artinya, penggunaan orang untuk kesejahteraan maksimal, sambil menjaga kelestarian warisan budaya.
  • Animasi adalah kegiatan pengembangan yang bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai penting Warisan Budaya dengan menyesuaikan fungsi kawasan baru yang tidak bertentangan dengan prinsip konservasi dan nilai-nilai budaya masyarakat.
  • Adaptasi adalah upaya untuk mengembangkan Warisan Budaya untuk kegiatan yang lebih sesuai dengan kebutuhan saat ini dengan membuat perubahan terbatas yang tidak akan mengurangi signifikansinya atau merusak bagian dari nilai-nilai signifikan.

Bangunan Ex-Chartered Bank, salah satu bangunan bersejarah di kawasan Kota Tua yang dilengkapi dengan Undang-Undang Warisan Budaya No. 11 tahun 2010, kompatibel dengan kebutuhan terkini dari bangunan-bangunan yang saat ini kosong.

 

 

Sumber : https://materi.co.id/